Laman

Selasa, 23 November 2010

pengertian Qiyas

Dalam ilmu fiqh ada sebuah istilah qiyas!!!!
pa kah yang di maksud qiyas????
Pengertian qiyas menurut bahasa adalah mengukur atau membandingkan sesuatu dengan sesuatu yang lain untuk mengetahui persamaan di antara keduanya contoh : mengukur (mengqiyaskan bajukun dengan baju perang) sedangkan pengertian qiyas secara syara' adalah mengembalikan furu' pada ashal dikarenakan ada illat (pendapat) yang membuat keduanya mempunyai hukum yang sama.contoh mengqiyaskan beras dengan gandum dalam masalah riba, di karenakan keduanya mempunyai sama-sama merupakan makanan pokok.
Rukun (syarat)qiyas ada 4 macam : 1)ashal; 2) furu'; 3) hukum ashal; 4) 'illat pada hukum ashal.
qiyas di bagi menjadi 3 macam :
1. qiyas 'illat : keberadaan 'illat(pendapat) dalam qiyas ini telah menetapkan suatu hukum contoh : mengqiyaskan tindakan pemukulan terhadap kedua orang tua dengan menugcapkan kata2 "ah" kepada mereka berdua dalam hal sama-sama haram, dengan 'illat menyakiti.
2. qiyas dilalah : keberadaan 'illat dalam qiyas ini menunjukkan suatu hukum, dan bukan menetapkan hukum
contoh : qiyas tentang harta milik anak kecil dengan harta milik orang dewasa dalam kewajiban zakat, karena keduanya sama-sama sebagai harta milik yang sempurna.
3.qiyas syibh : menyamakan furu' yang mempunyai kesamaan dengan dua ashl, dengan cara memilih ashal yang paling mirip dengan ashal.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar